Jumat, 04 Juni 2021

SUPAYA KAMU SALING MENGASIHI | Yohanes 15:9-12 | Mezbah Keluarga | 5 Juni 2021




MEZBAH KELUARGA 
5 Juni 2021
Yohanes 15:9-12
SUPAYA KAMU SALING MENGASIHI



MAZMUR PENGANTAR IBADAH
(Mazmur 90:14, dibaca bersama)

Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami. 

 

WAKTU TEDUH
Meneduhkan, menenangkan, dan memusatkan hati kepada Tuhan (1 menit).


MENYANYI :  PKJ 209. (1, 2)
       KASIH SETIA-MU

🎶
Kasih setiaMu sungguh lebih baik,
lebih berharga dari hidupku.
Maka bibirku megahkan Dikau;
kasih setiaMu sungguh lebih baik.

🎶
Seumur hidup kupuji Engkau;
kunaikkan doa dalam namaMu.
Kasih setiaMu lebih berharga
dan lebih baik dari hidupku.



BACAAN ALKITAB :
     ðŸ“– Yohanes 15:9-12

9 "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. 

10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. 

11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.  

12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 



RENUNGAN

SUPAYA KAMU SALING MENGASIHI


Mengasihi sesama manusia akan mendatangkan kebahagiaan di dalam diri orang yang mengamalkannya. Hal tersebut antara lain disimpulkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Universitas Chicago. Di dalam penelitian tentang kesehatan dan kebahagiaan rumah tangga yang dilakukan pada tahun 2006 oleh perguruan tinggi di Amerika Serikat tersebut didapati bahwa rumah tangga yang diwarnai dengan kasih yang altruistik, atau kasih yang bersifat tidak egois akan berbahagia. Bukan itu saja, juga didapati bahwa orang yang mengamalkan kasih yang tidak egois itu juga akan berbahagia. Artinya dengan mengasihi sesama manusia kita bukan hanya akan membahagiakan orang lain, namun kita sendiri juga akan mengalami kebahagiaan atau sukacita yang penuh.


Jalan untuk mengalami sukacita yang penuh itulah yang diajarkan oleh Yesus kepada para pengikut-Nya sebagaimana yang dicatat di dalam Yohanes 15. Di situ ditulis Yesus berkata bahwa Ia telah mengasihi para murid-Nya. Lebih jauh, Ia memerintahkan agar mereka juga mengikuti teladan-Nya, yaitu dengan saling mengasihi di antara sesama mereka. Selain itu Ia menjelaskan bahwa dengan mengasihi orang lain, seperti yang telah Ia contohkan, maka sukacita yang Ia alami juga akan dialami oleh para pengikut-Nya. Dengan demikian mereka akan mengalami sukacita yang penuh atau berbahagia. Singkat kata, dengan mengasihi orang lain, seperti yang telah Yesus contohkan, maka hidup kita akan berbahagia.


Pertanyaan Untuk Direnungkan Secara Pribadi :
Adakah orang yang menurut Anda tidak patut Anda kasihi? Apabila ada, apakah yang seharusnya Anda lakukan terhadap yang bersangkutan?

Amin.



WAKTU TEDUH
Meneduhkan hati di hadapan Tuhan (2 menit).
 


MENYANYI :   PKJ 275. (1)
       PERINTAH BARU

🎶
Perintah baru kuberi padamu, 
agar diantara kamu saling mengasihi 
sama seperti Aku mengasihimu,
sehingga orang akan tahu engkau muridKu, jikalau saling mengasihi.
Sehingga orang akan tahu engkau muridKu, jikalau saling mengasihi.






DOA MENANGGAPI BACAAN ALKITAB :

Tuhan, Engkau mengajar diriku bahwa dengan hidup memberi maka aku akan menerima. Dengan mengampuni maka aku akan diampuni. Dengan rela mati dari hidup yang lama maka aku akan dilahirkan ke dalam hidup yang baru. Dengan hidup mengasihi maka aku akan mengalami sukacita yang penuh. Aku menyadari bahwa acapkali aku mengalami kesulitan untuk mengasihi orang-orang yang berniat buruk terhadap diriku. Oleh karena itu aku memohon agar Roh-Mu menyanggupkan diriku untuk mengampuni dan mengasihi mereka seperti Engkau juga telah mengampuni dan mengasihi diriku.

 
Aku menyerahkan hidupku pada hari ini ke dalam tangan-Mu. Tolonglah diriku agar mampu mengisinya dengan kehidupan yang berarti, tidak sia-sia dan memuliakan nama-Mu. Bukalah kesempatan bagi diriku agar pada hari ini aku dapat menjadi saluran kasih-Mu kepada semua orang yang memerlukannya. Tuntunlah diriku untuk hidup di dalam kebenaran-Mu dan mampukanlah diriku untuk hidup menyenangkan hati-Mu. Sertailah diriku dengan keberhasilan dan jauhkanlah aku dari semua hal yang jahat. Di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Sumber kasih yang sejati, aku berdoa.

 ***

Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin. (Matius 6:9-13)
 

 
======================
Leksionari UNTUK HARI INI
Yohanes 15
Amsal 5
1Tawarikh 23-24

Tidak ada komentar: