Sabtu, 24 Juni 2023

Baju Tradisional dan Wadai Banjar







Dalam rangka Kegiatan PGD di Bandung, maka kami tim dari Banjarmasin akan mengusahakan mengenakan baju tradisional masyarakat Banjar dan juga membawa Wadai Banjar atau kue khas Banjar.

BAJU TRADISIONAL MASYARAKAT BANJAR DI BANJARMASIN



Baju adat Banjar merupakan busana yang cantik dan semarak. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya aksesoris yang digunakan untuk melengkapinya. Selain itu, kesemarakan dapat dirasakan dari warna kuning cerah yang erat melekat pada pakaian ini. Meski baju adat ini sudah berumur ratusan tahun, namun keindahannya tidak kalah dengan baju modern.



Salah satu pakaian adat Banjar, yaitu baju taluk balanga yang biasanya digunakan oleh laki-laki. Pakaian adat Banjar ini berbentuk kemeja lengan panjang dengan leher baju bundar tanpa kerah. Pria juga mengenakan laung destar sebagai hiasan kepalanya, selop, dan kain ikat pinggang. Busana wanita, busana ini terdiri dari baju Poko, sarung, ikat pinggang, dan kida-kida atau aksesoris penutup dada. 



Pakaian adat Banjar kebanyakan memiliki warna dominan kuning atau kuning keemasan. Warna tersebut biasanya dipadukan dengan warna merah atau warna mencolok lainnya dalam bentuk kain sarung dan hiasan kepala laki-laki. Selain dominan kuning, pakaian adat daerah ini  juga terdapat yang berwarna merah serta hijau.


KUE RANGAI WADAI BAHARI



Kue Rangai, kue jaman dahulu (wadai bahari) adalah salah satu kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar berupa parutan kelapa yang dicampur dengan gula dan tepung beras. 


Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kue Rangai biasanya dihidangkan sebagai teman minum teh atau sajian acara adat dan formal. 


Sekilas, kue Rangai mirip dengan kue Wingko babat namun berbeda dalam hal rasa. Kue Rangai memiliki cita rasa gurih dan teksturnya yang kering, dibandingkan Wingko babat yang bercita rasa manis dan legit.


Selain Kue Rangai sebagai penganan khas Banjar ada juga lainnya, yaitu : Kacang Batampik, Wadai Wijen Susu, Wadai Rangai Susu, dan ada juga produk ikan asin air tawar, yaitu Iwak Karing Sepat.


Tidak ada komentar: