Minggu, 30 Mei 2021

YA YESUS, KU BERJANJI | Kejadian 9:1-17 | Mezbah Keluarga Hari Minggu | 30 Mei 2021 |




MEZBAH KELUARGA HARI MINGGU
30 Mei 2021
Kejadian 9:1-17
YA YESUS, KU BERJANJI




💠 Menyanyi : KJ 21(1)
HARI MINGGU, HARI YANG MULIA

🎶
Hari Minggu, hari yang mulia, 
itu hari Tuhanku.
Ia bawa rasa bahagia 
masuk dalam hatiku.

Ref.
Hari Minggu, hari Tuhan, 
hari suci dan teduh.
Hari Minggu, hari Tuhan, 
hari suci dan teduh.

 


💠 Pembukaan :

Kita mulai Mezbah Keluarga ini dengan keyakinan bahwa pertolongan kepada kita adalah TUHAN yang telah menjadikan langit dan bumi, yang selalu menjaga kesetiaan-Nya terhadap kita sampai selama-lamanya dan yang tiada pernah meninggalkan perbuatan tangan-Nya. ~ Anugerah, Rahmat dan Damai Sejahtera dari Allah Bapa kita di dalam Anak-Nya, Tuhan Yesus Kristus dan oleh persekutuan bersama Roh Kudus, kiranya menyertai kita sekalian,  Amin.


💠 Menyanyi : KJ 18. (1, 2)
ALLAH HADIR BAGI KITA

🎶
Allah hadir bagi kita 
dan hendak memb'ri berkat,
melimpahkan kuasa RohNya 
bagai hujan yang lebat.

Ref.
Dengan Roh Kudus, ya Tuhan, 
umatMu berkatilah!
Baharui hati kami; 
o, curahkan kurnia.

🎶
Allah hadir, sungguh hadir 
di jemaatNya yang kudus;
Biar kasih kurniaNya 
menyegarkan kita t'rus.

 Ref.
Dengan Roh Kudus, ya Tuhan, 
umatMu berkatilah!
Baharui hati kami; 
o, curahkan kurnia.



💠 Berdoa :

Ya Bapa, Allah yang kekal,
Terima kasih untuk pagi hari ini, 
Kami bersyukur untuk istirahat malam sehingga kami dapat bangun dalam kondisi bugar dan segar untuk merayakan Hari Minggu, Hari Tuhan.


Ampunilah kami  ya TUHAN,
sebab kehidupan kami, sebagai pribadi, keluarga, dan jemaat-Mu belum menjadi saksi kemuliaan-Mu secara sempurna.


Oleh karena itu kami mohon 
terangilah hati pikiran kami dengan Roh Kudus agar Kebenaran-Mu membimbing kami melakukan Kehendak-Mu dalam hidup kami.


Oleh pengasihan Tuhan Yesus Kristus Juruselamat dunia, 
kami berdoa. 

Amin.



💠 Membaca Alkitab :
         ðŸ“–   Kejadian 9 : 1-17 (AYT)

Tanda Perjanjian Allah
1 Allah memberkati Nuh beserta anak-anaknya, dan berkata kepada mereka, "Beranakcuculah, berlipatgandalah, dan penuhilah bumi.

2 Rasa takut dan gentar terhadapmu akan ada pada setiap binatang yang ada di muka bumi, pada setiap burung di udara, pada setiap binatang yang melata di tanah, dan pada setiap ikan di laut; mereka semua diserahkan ke dalam tanganmu.

3 Segala yang hidup dan bergerak akan menjadi makananmu. Seperti Aku memberikan tumbuhan-tumbuhan hijau kepadamu, sekarang Aku memberikan segalanya kepadamu.

4 Namun, jangan kamu makan daging yang masih bernyawa, yaitu darahnya.

5 Sebab, Aku pasti akan menuntut pembalasan atas darahmu, yaitu nyawamu; dari setiap binatang Aku akan menuntutnya, dan Aku juga akan menuntut nyawa manusia lainnya dari setiap manusia.

6 Jadi, siapa pun yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan ditumpahkan oleh manusia. Sebab, Allah menciptakan manusia sesuai dengan rupa-Nya sendiri.

7 Dan, kamu beranakcuculah serta berlipatgandalah; penuhilah bumi dan berlipatgandalah di atasnya."

8 Lalu, Allah berkata kepada Nuh dan anak-anaknya yang bersamanya,

9 "Sekarang, Aku menetapkan perjanjian-Ku denganmu dan dengan keturunanmu yang akan datang,

10 dan juga dengan semua makhluk yang bersama-sama denganmu; burung-burung, binatang ternak, dan dengan setiap binatang liar yang bersama-sama denganmu keluar dari bahtera--dengan setiap binatang di bumi.

11 Aku menetapkan perjanjian-Ku denganmu: tidak akan ada lagi makhluk hidup yang dibinasakan oleh banjir besar; tidak akan ada lagi banjir besar yang menghancurkan bumi."

12 Allah berkata, "Inilah tanda dari perjanjian yang Kubuat antara Aku dan kamu, dan setiap makhluk hidup yang bersama-sama denganmu, turun-temurun:

13 Aku akan menaruh busur-Ku di awan dan itu akan menjadi bukti perjanjian antara Aku dan bumi.

14 Apabila Aku mendatangkan awan-awan ke atas bumi dan busur itu tampak di awan,

15 Aku akan mengingat perjanjian antara Aku dan kamu dan setiap makhluk hidup sehingga air tidak akan lagi menjadi banjir besar yang membinasakan semua yang hidup.

16 Kapan pun busur itu ada di awan, Aku akan melihatnya dan akan mengingat perjanjian kekal antara Allah dan setiap makhluk hidup yang ada di atas bumi."

17 Kemudian, berkatalah Allah kepada Nuh, "Inilah tanda dari perjanjian yang Kuadakan di antara Aku dan segala makhluk hidup di bumi."





💠 Renungan

YA YESUS, KU BERJANJI

......




💠 Menyanyi :  KJ 369A. 
YA YESUS, KU BERJANJI

🎶
Ya Yesus, 'ku berjanji 
setia padaMu;
kupinta Kau selalu 
dekat, ya Tuhanku.
Di kancah pergumulan 
jalanku tak sesat,
kar'na Engkau Temanku, 
Pemimpin terdekat.


(saat persembahan)


🎶
Dekaplah aku, Tuhan, 
diribut dunia 
penuh kilauan hampa 
dan suara godanya.
Di dalam dan di luar 
si jahat mendesak.
Perisai lawan dosa, 
ya Tuhan, Kau tetap.


🎶
Ya Yesus, Kau berjanji 
kepada umatMu:
di dalam kemuliaan 
Kausambut hambaMu.
Dan aku pun berjanji 
setia padaMu.
Berikanlah karunia 
mengikutMu teguh.





💠 Berdoa


........


*****


Bapa kami yang di sorga, 
Dikuduskanlah nama-Mu, 
Datanglah Kerajaan-Mu, 
Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. 

Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. 

Amin.


Tidak ada komentar: