Jumat, 10 Februari 2023

Asma & Saturasi Oksigen








ASMA & SATURASI OKSIGEN

Alo dokter,,
Anak saya sekarang ini sedang asma. Dia berumur 17 thn. sy periksa dgn oximeter, saturasi oksigennya sekitar 88-94%. Sy mau bantu dengan tabung oksigen. Tp sy ingin tahu berapa kadar oksigen yang diperlukan. terima kasih sebelumnya.


Dijawab :

Alo,
Terima kasih atas pertanyaannya.

Saturasi oksigen merupakan sebuah parameter yang dapat menunjukkan kadar oksigen darah terutama di pembuluh darah arteri. Kadar normal dari saturasi oksigen ini adalah 95-100%, di mana penurunannya dapat disebabkan oleh banyak hal. 

Penurunan dari kadar saturasi oksigen ini sering disebut juga sebagai hipoksemia dan dapat disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen yang dihirup, gangguan pada paru-paru (infeksi termasuk covid-19, penyakit paru obstruktif, asma, edema paru, dan lainnya), gangguan pada jantung, gangguan metabolik, ketidakseimbangan elektrolit, dll.

Sebaiknya apabila anak Anda dengan riwayat asma dan mengalami serangan asma dengan penurunan saturasi oksigen, segera bawa anak ke IGD untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, selain dari oksigenasi juga dengan pemberian bronkodilator dan obat-obatan kortikosteroid untuk meredakan serangan asma yang sedang berlangsung. 


Ke depannya, pemberian oksigenasi dapat dilakukan untuk membantu meringankan keluhan sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut pada fasilitas layanan kesehatan, yaitu setidaknya dengan oksigenasi dimulai dari 2-4 liter/menit dengan menggunakan nasal kanul. Apabila keluhan tidak membaik dan saturasi oksigen tidak meningkat, hal tersebut menandakan bahwa dibutuhkan tatalaksana oksigenasi lebih lanjut, misalnya dengan sungkup oksigen,non-rebreathingmask yang tersedia di fasilitas layanan kesehatan.

Selain itu, berikut anjuran lain untuk pencegahan dari serangan asma berikutnya:

Mengeliminasi faktor alergi yang dapat memicu asma : 
1. Menjalani gaya hidup yang sehat.
2. Rutin mengonsumsi obat sesuai dari anjuran dan resep dari dokter.

Semoga informasi ini dapat memban
tu dan semoga lekas sembuh.

Salam.


Tidak ada komentar: